Terjun Langsung ke Sawah, Babinsa Koramil Randublatung Bantu Petani Penyiangan Rumput


Perkasanews.Id, BLORA - Babinsa Koramil 09/Randublatung Kodim 0721/Blora Serka Padman membantu petani menyiangi rumput tanaman padi di sawah. Penyiangan rumput antara lain dilakukan pada sawah milik Lasmin petani Desa Jeruk Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, Senin (03/06/2024).

Dengan semangat dan tidak ada rasa ragu Babinsa serta petani mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Menurut Babinsa Koramil 09/Randublatung Serka Padman, gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala petani padi memperoleh hasil panen maksimal.  Keberadaan gulma mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan. Sehingga petani perlu melakukan penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida.

“Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi, yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,”ucap Serka Padman.

Diketahui, ada sebagian wilayah Kabupaten Blora sudah memasuki masa panen ke dua, namun sebagian wilayah yang lain masih masa perawatan. (pw)

Komentar