Peduli Kesehatan Ibu dan Anak, Babinsa Dampingi Bidan Desa Berikan Posyandu


Blora - Dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi balita, Serda Suni Babinsa Koramil 09/Randublatung Kodim 0721/Blora mendampingi Bidan Desa untuk melakukan posyandu, bertempat di dukuh Kaligawan, Desa Jeruk, Kec. Randublatung, Kab. Blora, Selasa (27/06/2023).

Kegiatan posyandu dilaksanakan secara rutin setiap satu bulan sekali, hal itu dinilai sangat penting untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan dalam pertumbuhannya atau Stunting.

Ada beberapa pelayanan diberikan dalam posyandu untuk balita, mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Kemudian hasil pemeriksaan tersebut dicatat ke dalam buku KIA atau KMS.

Saat dikonfirmasi Pendim Babinsa Koramil 09/Randublatung Serda Suni menyampaikan, bahwa posyandu merupakan salah satu upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi balita. Serta guna mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat. 

"Peran posyandu di tengah masyarakat sangat besar. Meski identik dengan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur", kata Babinsa saat melakukan pendampingan.

Kemudian, dirinya mengingatkan kepada masyarakat, terutama yang memiliki balita untuk selalu rutin mengikuti posyandu, guna memberikan berbagai informasi mengenai kesehatan. 

"Kami berharap kegiatan posyandu dan manfaatnya bisa semakin dirasakan oleh masyarakat, oleh karenanya ikuti secara rutin setiap ada posyandu. Dengan pengetahuan yang baik, semoga kualitas kesehatan anak Indonesia semakin meningkat", tutur Babinsa.

Komentar