Komsos Babinsa Kepoh, Di Pinggir Jalan Pun Jadi


Blora – Babinsa Koramil 11/Jati Kodim 0721/Blora, Sertu Suparji melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga masyarakat yang sedang istirahat membuat drainase di pinggir jalan.

Tepatnya di dukuh Gejek, Desa Kepoh, Kecamatan Jati, saat menyambangi warga lagi duduk santai saat istirahat, Selasa (06/6/2023) pagi.

Dijelaskan Sertu Suparji, Komsos yang dilakukannya membahas tentang Kamtibmas serta kondisi wilayah dan menjalin hubungan dan komunikasi yang baik dengan warga binaan.

Kegiatan komsos merupakan cara jitu Babinsa dalam memperoleh segala laporan maupun keluh kesah ataupun permasalahan yang terjadi pada warga di lingkungannya.

Lanjut, karena dalam berkomunikasi kita bisa memperoleh informasi timbal balik dan harus peka terhadap situasi dan kondisi warganya yang pada dasarnya saling membutuhkan, sehingga terjalin ikatan batin. Sehingga dengan cara demikian maka kita bisa mencari solusi maupun penyelesaiannya.

Menurut Sertu Suparji, Babinsa harus selalu menyampaikan tentang pentingnya peran serta dari seluruh masyarakat dalam memelihara dan meningkatkan Kamtibmas di lingkungan.

“Baik di tingkat RT dan RW agar senantiasa tercipta kondisi wilayah yang aman dan tertib manakala di malam hari maupun siang hari karena kejahatan tidak mengenal waktu,” tegasnya

Kegiatan ini juga merupakan salah satu bentuk implementasi dari pembinaan teritorial bahwasanya Babinsa harus berada di tengah - tengah warga binaannya.

“Sehingga diharapkan sasaran komunikasi sosial dapat tercapai sehingga kedekatan Babinsa dan masyarakat terjalin dengan baik guna terwujudnya kemanunggalan TNI dan rakyat,” pungkasnya.

Komentar