Dengan Penuh Kekeluargaan, Babinsa Dampingi Warga Kupas Kacang Tanah

BLORA - Pelda Kasimik anggota Koramil 09/Randublatung Babinsa Kediren melaksanakan kegiatan Komsos (komunikasi sosial) serta mendampingi dan membantu ibu-ibu membersihkan kacang tanah hasil panen yang baru diambil dari kebun di rumah ibu Sunarti RT 03 RW 02 dukuh Ploso Kulon Desa Kediren Kecamatan Randublatung, Selasa (24/1/2023).

Menurut Pelda Kasimik anggota Koramil 09/Randublatung mengatakan, Desa Kediren sangat cocok untuk petani kacang tanah karena teknis penanaman kacang tanah ini, hanya sekali memerlukan air, pada saat awal penanaman sampai menunggu masa panen. Sehabis itu hanya penyemprotan daun agar terhindar dari serangan hama. Setelah berumur tiga bulan, lanjutnya, kacang tanah siap dipanen, setelah dipanen, kacang tanah lalu di jemur beberapa jam, sudah kering dengan cara manual petani mengupas kulit kacang tanah yang masih berkulit hingga kacang terlepas dari kulit. “Kalau sudah terlepas dari kulitnya, kacang sudah siap untuk dijual dipasar,” ujarnya.

Dengan terjun secara langsung Pelda Kasimik dalam membantu pekerjaan para petani kacang tanah seperti pada kali ini membantu proses pengupasan kulit kacang tanah dengan penuh keakraban bersama ibu-ibu petani kacang tanah, juga bisa mengetahui secara langsung apa yang menjadi kendala atau keluhan para petani.

Sementara itu Danramil 09/Randublatung Kapten Chb Sudiyono menyampaikan selain mempererat jalinan tali silaturahmi antara Babinsa dengan para petani dengan demikian  TNI semakin dicintai oleh  masyarakat, karena bersama rakyat TNI kuat.

Komentar