Gelar Penyuluhan Penanggulangan Bencana Alam, Kodim 0721 Gandeng BPBD Blora



BLORA – Kodim 0721/Blora menggelar penyuluhan penanggulangan bencana alam. Salah satu sasaran non-fisik Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III, yang dilaksanakan di Kantor Desa Wonosemi Kecamatan Banjarejo, Blora. Selasa (18/10/2022)

Pasi Ter Kodim Blora, Kapten Cpl Sumanto dihadapan peserta mengatakan, penyuluhan penanggulangan bencana alam sangat penting disampaikan, mengingat sekarang ini sudah memasuki musim penghujan yang sangat rentan banjir, tanah longsor, angin kencang. Sehingga, kata dia, masyarakat perlu mendapat materi terkait cara dan upaya dalam menghindari bencana alam.


Dalam kesempatan ini, Kodim Blora juga menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora untuk memberikan penyuluhan. Perwakilan BPBD, Fransiscus Otto Yoedanto, SE., MM tampak menjelaskan materi terkait gambaran bencana banjir, tanah longsor, angin kencang, kebakaran dan kekeringan, perbedaan bencana alam dan non-alam, jenis-jenis bencana, serta cara meminimalisasi risiko bencana. “Secara umum mitigasi merupakan upaya yang dilakukan untuk mengurangi, menghapus kerugian dan korban yang mungkin terjadi akibat bencana. Caranya dengan membuat persiapan sebelum terjadinya bencana,” terangnya.

Komentar