Babinsa Koramil 12/Ngawen Bersama Bhabinkamtibmas Dan Satpol PP Beri Pelatihan Tanggap Bencana Masyarakat


BLORA - Bhabinkamtibmas Desa Sendangagung Polsek Ngawen Polres Blora Polda Jawa Tengah Aipda Heru bersama Babinsa Koramil Peltu Sukirno dan Kasi Trantib Kecamatan Ngawen Suwito memberikan pelatihan tanggap bencana kepada warga di balai desa setempat. Kamis, (11/08/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Desa beserta perangkat serta perwakilan warga desa. Dalam kegiatan pelatihan tersebut petugas gabungan memberikan materi tentang penanganan bencana alam, pengamanan, penjagaan dan gerakan pengaturan lalu lintas. 

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi,SIK,MM,MH melalui Kapolsek Ngawen AKP Sugiman menyampaikan bahwa pelatihan kemampuan warga binaan dilaksanakan atas permintaan dari pihak pemerintahan desa. 

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat di tingkat desa dalam berbagai aspek pelaksanaan tugasnya. Selain materi dasar kemampuan diberikan juga materi tentang tanggap bencana alam. Diharapkan warga selain membantu menjaga keamanan juga bisa berperan saat terjadi bencana alam di desanya,” ucapnya. 

Kapolsek menambahkan bahwa kegiatan pelatihan tanggap bencana bermaksud mengantisipasi apabila suatu desa mendapat musibah bencana alam di wilayah, Harapannya setelah mendapat pelatihan, selain bisa membantu menjaga keamanan, masyarakat bisa difungsikan membantu penanganan apabila bencana alam kembali terjadi.

 “Masyarakat bisa menjadi personel penanganan awal apabila terjadi bencana alam di desa. Sampai adanya penanganan lanjutan dari instansi atau pihak terkait,” katanya. 

Kapolsek berharap dengan pelatihan yang sudah diberikan, sebagai unsur pembantu Kepolisian di desa bisa maksimal dalam pelaksanaan tugas. Selain itu memiliki kemampuan dasar untuk bisa berbuat saat ada bencana alam di wilayahnya. 

Mengenai hal tersebut Kepala Desa, mengapresiasi atas pelatihan yang diberikan kepada masyarakat. Menurutnya materi yang disampaikan dapat bermanfaat nantinya apabila di butuhkan, sehingga materi terkait tanggap bencana sangat tepat disampaikan.

Komentar