Jalin Komsos, Babinsa Koramil 07/Sambong Ingatkan Warga Memasuki Musim Kemarau Bahaya Karhutla


BLORA - Memasuki musim kemarau sehingga rawan terjadi kebakaran untuk menghindari hal tersebut Babinsa Koramil 07/Sambong jajaran Kodim 0721/Blora, Sertu Kasmari melaksanakan Komunikasi Sosial (Komsos) dengan masyarakat.

Kegiatan Komsos tersebut menghimbau warga untuk tidak membakar hutan saat membuka ladang untuk mencegah Karhutla di desa Brabowan, kecamatan Sambong, kabupaten Blora, Jum'at (22/7/2022) pagi.

Salah satu bentuk antisipasi pembakaran lahan yang saat ini sering dilakukan oleh oknum masyarakat ketika membuka kebun dan pertanian yang mana oleh segelintir oknum masyarakat dianggap lebih mudah/cepat dan hasilnya lebih maksimal dalam bercocok tanam

Hal tersebut tentunya dipengaruhi oleh minimnya pengeluaran modal bagi para Petani, oleh sebab itu Babinsa Koramil Brabowan melakukan Komunikasi Sosial (Komsos) tentang larangan membakar hutan dan lahan (Karhutla) kepada warga binaannya.

Pada Kesempatan itu, Sertu Kasmari turut memberikan himbauan kepada masyarakat tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan dari kebakaran hutan dan lahan.

"Dengan adanya sosialisasi ini warga tidak membuka lahan pertanian dengan cara dibakar serta apabila di lapangan ditemukan adanya oknum masyarakat yang berupaya melakukan pembakaran lahan agar dilakukan pencegahan atau segera dilaporkan kepada pihak terkait," ujarnya.

Ia juga menuturkan terus melakukan pendekatan kepada masyarakat dan pemilik lahan untuk mensosialisasikan karhutla di Desa binaan sebab jika pencegahan ini berhasil tentu tidak perlu melakukan pemadaman.

"Bahkan kami terus mengadakan himbauan kepada masyarakat tentang aturan hukumnya, sehingga masyarakat bisa memahami dari akibat resiko membakar hutan ataupun lahan," tutupnya.

Komentar