Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Melaksanakan Pendampingan Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Binaan


Perkasanews.IDBlora – Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15 Japah Kodim 0721/Blora Koptu Yus santosa melaksanakan pendampingan sekaligus pemantauan dan pendataan masyarakat yang akan menjalani vaksinasi Covid – 19 baik tahap l maupun tahap ll yang digelar di Desa Ngiyono Kecamatan Japah Kabupaten Blora. Sabtu (25/12/2021)

Selama kegiatan berlangsung, Babinsa melaksanakan pemantauan serta memberi edukasi maupun sosialisasi seputaran vaksinasi dan terkait Protokol Kesehatan (Prokes) guna pencegahan penyebaran Covid – 19.

“Selain memantau kegiatan, Saya juga menghimbau dan memberikan edukasi kepada warga. Bahwasanya vaksinasi ini sudah terjamin keamanannya, sebab hingga detik ini sudah berjuta orang yang di vaksin dan dalam keadahan sehat wal’afiat. Namun tetap juga harus mematuhi Protokol. kesehatan”, ulasnya

Sederetan kegiatan vaksinasi ini berjalan lancar dan aman sebab dilakukan sesuai prosedur yang ada. Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Japah merasa nyaman dan tenang saat melakukan tugasnya, sebab selalu didampingi Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Dilokasi vaksinasi, Panitia penyelenggara mewajibkan kepada masyarakat yang hadir untuk mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan. Yakni wajib memakai masker, cek suhu tubuh, mencuci tangan dan menjaga jarak sesua tanda – tanda yang telah disediakan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Japah, menjelaskan bahwa vaksinasi Covid – 19 yang saat ini tengah berjalan di desa Ngiyono menggunakan vaksin P-fizer, disuntikkan dosis 1 bagi yang baru divaksin dan dosis 2 bagi warga yang sudah suntik dosis 1 agar efektif.

Lebih lanjut, jika dosis pertama berfungsi untuk mengenal vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh serta untuk memicu responsif kekebalan awal. Pada tahapan dosis kedua, kandungan vaksin akan berguna untuk menguatkan responsif imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Adapun kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antara TNI-Polri dan instansi terkait terutama Dinas Kesehatan dalam rangka mengatasi pandemi virus Covid-19 secara bersama sama guna menekan angka penyebaran virus khususnya wilayah Kecamatan Japah. (Pen15)

Komentar