Program TMMD Sengkuyung Tahap III TA 2021 Kodim 0721/Blora Resmi Dibuka

Perkasanews.IDBlora - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Blora resmi dibuka, Rabu (15/9/21). Pembukaan tersebut ditandai dengan penandatanganan berita acara serah terima Program TMMD Sengkuyung Tahap III Tahun 2021 dari Dandim 0721/Blora Letkol Inf Andy Soelistyo Kurniawan Putro, S.Sos., M.Tr (Han) kepada Bupati Blora Arief Rohman, S.IP., M.Si di ruang pertemuan Setda Blora.

Seusai acara Dandim 0721/Blora menjelaskan, program TMMD Sengkuyung III ini bertema ‘Wujud Sinergitas Membangun Negeri’. TMMD merupakan bagian Operasi Bhakti TNI yang mempunyai tujuan untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka percepatan dan pemerataan pembangunan di daerah terpencil dan terisolasi serta membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.


Ada 2 kegiatan TMMD yakni secara fisik dan non fisik, yang dilaksanakan di Desa Plantungan Kecamatan Blora “secara fisik yaitu membangun jalan makadam sepanjang 1.250 m x 3 m x 0,2 m, pembangunan 2 talud bahu jalan dengan panjang 36 m dan 221 m, Box Coulvert panjang 5 m dan Drainase sepanjang 250 m dengan tradisi gotong royong yang dikerjakan secara manual. Sedangkan untuk non fisik seperti penyuluhan narkoba, penyuluhan bela negara, penyuluhan industri rumah tangga dan penyuluhan pernikahan dini”, ungkapnya.

Ditambahkan Dandim, kegiatan TMMD sudah mulai dilakukan. Sedangkan untuk target pengerjaannya kurang lebih 1 bulan. "Target pengerjaan fisik kurang lebih 1 bulan. Namun jika kondisi cuaca seperti ini kendalanya di hujan. Kita harapkan sebelum 1 bulan sudah selesai".


Diakhir sambutan Dandim menyampaikan di situasi pandemi Covid-19 saat ini, walaupun di Kabupaten Blora telah mengalami penurunan, mari kita rapatkan barisan, kuatkan jalinan tangan, untuk bersama-sama bertekad menekan laju dan memutus mata rantai Covid-19 dengan senantiasa menegakan 5M di tengah-tengah masyarakat, serta kami siap mendukung Program Bapak Bupati "Sesarengan Mbangun Mbloro" Alus dalane dan lancar banyune.

Sementara, Bupati Blora mengungkapkan, pentingnya TMMD di Kabupaten Blora merupakan program yang bagus dan efektif untuk mempercepat pembangunan di desa-desa. Maturnuwun, terimakasih Pak Dandim dan jajaran yang terus melaksanakan TMMD di desa-desa. Program ini wujud sinergitas TNI-Polri bersama rakyat, semangat gotong royong tumbuh dan kebersamaan begitu indah. (pw)

Komentar