Saka Wira Kartika Ikuti Peringatan Hari Baden Powell, BP Pandu Dunia ke 157 Dan Pandu Indonesia Tahun 2021


Perkasanews.IDBLORA - Gerakan Pramuka Kwartir cabang Blora mengadakan peringatan Hari Baden Powell pada Minggu malam, 21 Februari 2021. Acara itu digelar di Sanggar Pramuka Kwartir cabang Blora yang beralamat di jalan Raya Cepu KM 7 Jepon - Blora.

Lord Baden-Powell adalah pendiri organisasi kepramukaan sedunia yang lahir pada 22 Februari 1857 di London, Inggris. BP atau bipi—panggilan Baden Powell—adalah pensiunan letnan jenderal angkatan bersenjata Britania Raya.

Setelah pensiun pada usia 52 tahun, dia mengabdikan diri membangun Gerakan Kepanduan Internasional. Organisasi yang berdiri pada 1909 tersebut saat ini memiliki 38 juta anggota di 217 negara dan teritori. Di Indonesia, sekitar 17 juta orang menjadi anggotanya.

Dalam acara BP Days kali ini, Kwartir Cabang Blora mengadakan renungan Hari BP pada Minggu malam.

"Ada sekitar 30 peserta Pramuka di gugus depan dan kwartir yang di ikuti oleh pramuka Pandega dalam acara tersebut," kata Ketua Kwartir Cabang Blora bapak Selamet pamuji, SH, M.Hum.

Pada Minggu malam acara di ikuti 1 Regu dari Saka Wira Kartika, 5 peserta dari Saka Bhakti Husada, 5 peserta dari Saka Wana Bhakti dan 5 peserta dari Saka Bhayangkara.

Dua orang anggota dari Koramil 01/Blora yang juga sebagai kakak pembina yaitu Serka Srinadi dan Serka Sukardi mengikuti kagiatan tersebut dan mendampingi adik - adik dari Saka Wira Kartika Kodim 0721/Blora binaan Koramil 01 Blora.

Dalam acara Renungan suci bertindak sebagai pembina upacara Ketua harian Kwartir Cabang Blora Kakak Selamet Pamuji, S.H., M.Hum dan pimpinan upacara adik Andika rahmandani dari Saka Wira Kartik,"kata Serka Srinadi.

Kapten Cpl Sumanto mewakili Pimpinan Saka (Pinsa) Wira Kartika dari Kodim 0721/Blora mengatakan,"acara ini untuk silaturahmi, menjaga persaudaraan, dan semangat Baden Powell.

Dalam acara ini, setiap undangan diminta membawa ciri khas kepanduan/kepramukaan. Panitia juga membacakan riwayat hidup Bapak Pandu Sedunia itu,"Pungkasnya. (pen01)

Komentar