Hari Bhayangkara ke - 74, TNI Polri di Blora Jawa Tengah, Ziarah Di Monumen Tugu Agil Kusumodiyo Randublatung


BloraPerkasanews.ID - Menjelang Hari Bhayangkara ke - 74, Polres Blora Polda Jawa Tengah bersama Kodim 0721/Blora dan pemerintah setempat menggelar Ziarah dan Tasyakuran di Monumen Tugu Agil Kudumodiyo di Kecamatan Randublatung Kabupaten Blora, Senin, (29/06/2020).
Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,SIK yang di ikuti oleh Wakapolres Blora Kompol Drs.Joko Watoro, Pejabat Utama Polres Blora, Kapolsek Eks Kawedanan Randublatung, serta Forkompincam Randublatung dan ADM Perhutani Randublatung serta Satpol PP beserta para purnawirawan.
Monumen Tugu Agil Kusumodiyo adalah salah satu monumen bersejarah dimana pada peristiwa Madiun Affair tahun 1948 telah gugur dua putra terbaik Bangsa Indonesia yaitu Kolonel Soenandar dan AKBP Agil Kusumodiyo. Keduanya adalah pucuk pimpinan TNI Polri di wilayah Karasidenan Pati pada masa itu.
Keduanya diculik dari Kabupaten Pati dan di bawa ke hutan jati di wilayah kecamatan Randublatung Blora oleh PKI, dimana mereka dipaksa untuk menandatangani persetujuan gerakan pemberontakan PKI di Pati, namun keduanya menolak, dan akhirnya mereka gugur setelah di eksekusi (ditembak) dengan badan terikat pada pohon jati di pinggiran Hutan di Randublatung, dan ditempat itulah saat ini telah di bangun tugu monumen Agil Kusumodiyo.
Nampak suasana yang khidmat, dimana TNI Polri bersama unsur masyarakat kompak ziarah ke monumen tersebut, Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan,S.I.K membeberkan kegiatan sinergitas ini adalah salah satu wujud kebersamaan TNI Polri dengan pemerintah setempat untuk memupuk rasa cinta tanah air serta untuk mengenang para pahlawan, "Inti dari kegiatan ini adalah sebagai wujud kebangaan kepada para pahlawan, sekaligus untuk memupuk rasa cinta tanah air, apalagi ini menjelang Hari Bhayangkara ke - 74," ucap Kapolres.
Yusmanto, salah satu purnawirawan sekaligus ketua PP Polri Blora yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut menceritakan bahwa ziarah kali ini adalah yang terbesar, yang digelar selama dirinya pensiun dari tugas kepolisian, "Kegiatan ini adalah yang terbesar, Dimana melibatkan TNI, Polri dan pemerintah setempat, serta melibatkan purnawirawan, tentunya kami bangga," ucap Yusmanto. (Tim/Arif)

Komentar