Dandim Blora Awasai Langsung Tes Kemampuan Jasmani Prajuritnya


Perkasanews.IDBLORA - Ratusan anggota Kodim 0721/Blora  mengikuti tes Kesegaran Jasmani (Garjas)  Periodik I dan Ujian Kenaikan Pangkat (UKP) 1-10-2020 yang digelar di Lapangan Yonif 410/Alugoro pada Kamis, (28/5/2020).
Kegiatan ini mendapatkan atensi khusus dari Komandan Kodim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, Dandim mendampingi para anggota sekaligus melaksanakan serta memberikan semangat agar anggota mampu mencapai target nilai sesuai dengan ketentuan.
” Garjas harus dilaksanakan namun semua kembali ke kemampuan fisik masing – masing, tidak dipaksakan namun tetap harus serius menjalankan sesuai ketentuan “, ujar Dandim.
Anggota yang mengikuti tes Garjas ini, mereka anggota yang akan UKP dan anggota yang melaksanakan semapta periodik.
“Garjas merupakan salah satu syarat bagi seorang prajurit untuk mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Dengan syarat nilai Garjas harus sesuai dengan standart kelulusan yang telah ditentukan,” ugkap Dandim.
Selain dilaksanakan tes Garjas berupa semapta A dan B yang terdiri dari materi lari 12 menit, sit up, push up, pull up, lunges dan shuttle run, juga akan dilakukan tes dasar renang militer.

Setiap anggota yang mengikuti tes harus mengetahui kondisi fisik masing-masing. “Jaga faktor keamanan, jika memang tidak kuat mengikuti tes jangan dipaksakan dari pada nanti terjadi yang tidak di inginkan.  Lakukan dengan semangat dan tetap menjaga keselamatan” ujar  lulusan Akademi Militer tahun 2001 ini.
Sementara itu, Komandan Latihan Kapten Cpl Sumanto dengan di dampingi Perwira Koordinator Letda Inf Sumarno, mengatakan kesegaran jasmani ini bertujuan untuk mengetahui dan mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala.
Selain itu, Garjas periodik bertujuan untuk mendukung tugas pokok TNI AD dalam melaksanakan tugas prajurit sehari-hari, dihadapkan dengan keadaan pandemi covid-19 saat ini, pelaksanaan Garjas tetap mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Seperti, disediakan hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, cek tensi tekanan darah, menggunakan masker dan pembatasan peserta garjas dalam setiap gelombang agar tetap jaga jarak. (Tim)

Komentar