Danramil 09/Randublatung Tanam Vetiver Bersama Warga untuk Cegah Longsor


BLORAPerkasanews.ID - Komando Rayon Militer 09/Randublatung, merupakan salah satu Koramil di jajaran Kodim 0721/Blora, Korem 073/Makutarama, dalam hal ini Koramil Randublatung berada pada wilayah yang berbatasan langsung dengan hutan dan banyak terdapat anakan sungai yang rawan longsor. 
Dengan adanya kejadian longsor di wilayah Koramil 09/Randublatung, Danramil 09/Randublatung Kapten Inf Suahmad mengajak semua elemen masyarakat untuk melakukan penanaman pohon vetiver ( rumput akar wangi ) di lokasi longsor di dukuh Mbot banyu Desa Sambongwangan.
TNI ditengah-tengah masyarakat sebagai wujud peran aktif, Babinsa dalam setiap pelaksanaan tugasnya. "Melalui penghijauan diharapkan dapat memberikan manfaat bagi keseimbangan alam. Menanam pohon vetiver ( rumput akar wangi ) akan memperkokoh kondisi tanah dan sangat ampuh menahan longsor karena perkembangannya cepat dan akarnya bisa tumbuh  mencapai empat meter dan cocok ditanam di daerah-daerah yang berpotensi terjadi banjir dan longsor sehingga jalan akan tahan dengan longsor. Diwaktu penghijauan akar pohon-pohon akan menyerap air, sabagai cadangan nanti kalo musim kemarau sehingga air tidak sulit" ujar Danramil. 
Koramil 09/Randublatung bersama masyarakat desa Mbot banyu Desa Sambongwangan bahu membahu dalam kegiatan penanaman pohon  vetiver ( rumput akar wangi ) di lokasi-lokasi yang rawan dan berdampak longsor di Desa Mbot banyu  Desa Sambongwangan Kec. Randublatung.
Masyarakat mengapresiasi dengan adanya peran TNI AD khusus nya Koramil 09/Randublatung yang dengan sigapnya membantu menggalakkan penanaman pohon "matur nuwun pak TNI sampun perhatian kalih warga Mbot banyu," ucap salah satu warga. (Tim)

Komentar