BPS Blora Gelar Rakor Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020


BLORAPerkasanews.ID - Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora mengelar rapat koordinasi kabupaten dalam rangka Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di pendopo rumah dinas Bupati Blora. Rabu (26/2/2020)
Acara di buka oleh sekda blora komang gede irawadi, dengan di hadiri oleh Dandim 0721/Blora yang dalam hal ini diwakili oleh Kasdim Mayor inf Budi Leksono, kepala OPD, Camat, organsisasi wanita, organisasi masyarakat, dan sejumlah awak media.
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Blora, Heru Prasetyo dalam sambutannya mengatakan, Sensus penduduk merupakan pesta demografi, Sensus penduduk ini dibagi dua melalui online dan wawancara.
“Tujuan dari rakor ini untuk mensosialisasikan Sensus Penduduk tahun 2020 yang prioritasnya online, tentu dengan harapan meberikan sumbangsih nyata untuk Sensus 2020” ucap kepala BPS Blora Heru Prasetyo
Heru menambahkan, setelah rakor ini, diharapkan para peserta juga biasa menyebarluaskan pada masyarakat terkait sensus penduduk online.
“ setelah acara ini harapannya nanti bisa disebarluaskan pada rekan kerja, teman maupun masyarakat sekitar” Tambah Heru
Menurutnya, partisipasi aktif ASN menjadi salah satu indikator suksesnya pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 yang dilakukan secara online.
“Selain itu juga sudah disosialisasikan kepada generasi milenial, bahwa bisa melakukan Sensus Penduduk 2020 secara mandiri melalui situs sensus.bps.go.id. Basis utama sensus adalah Nomor Indonesia KTP, dan Kartu Keluarga,” terangnya.
Heru Prasetyo menyampaikan bahwa SP 2020 kali ini beda dengan SP 2010. Yang mana khusus di SP 2020 ini dilaksanakan dua tahapan yakni sensus online dan sensus wawancara manual.
“Pada SP 2020 ini ada sensus secara online yang dimulai sejak 15 Februari lalu hingga akhir Maret mendatang di situs www.sensus.bps.go.id . Bisa dibuka langsung melalui aplikasi google crome, ms.firefox, atau sejenisnya yang ada di hp android. “ tutur heru
Menurut Heru, Setelah sensus online 15 Februari – 31 Maret, bagi masyarakat yang belum tercatat akan dilakukan sensus wawancara di bulan Juni. Yang mana petugas sensus akan datang door to door ke rumah.
“SP 2020 ini tidak hanya menjadi tugas BPS semata, namun tugas bersama dengan seluruh masyarakat. Dukungan masyarakat sangat kita butuhkan untuk benar-benar mendapatkan data yang akurat. Ayo bantu kami mencatat Indonesia, menuju satu data kependudukan Indonesia,” lanjut Heru
Sekda Komang Gede Irawadi, SE, M.Si mengapresiasi kinerja bps dalam mensosialisasikan sensus penduduk 2020 ini.
“ mewakili bapak bupati dan wakil bupati kami ucapkan terimakasih atas kinerja yang luar biasa dari BPS untuk mensukseskan sensus penduduk 2020 ini” jelas Sekda Komang Gede Irawadi
Sekda menjelaskan sensus penduduk merupakan momentum satu data untuk indonesia , pada sensus penduduk kali ini menggunakan metode kombinasi , perpaduan wwncara dan regestrasi, tak hanya itu SP 2020 memiliki banyak manfaat, bagi pemkab blora.
“Data SP ini jadi acuan/ pedomanan Pemkab dalam perumusan kebijakan dan penyaluran program sosial tepat sasaran, dan, termasuk penentuan perencaan DAU” Jelas Sekda
Sekda mengajak seluruh komponen daerah untuk bersama sama mengawal dan mensuskseskan sensus penduduk 2020.
“ dalam hal ini ada 3 pesan penting  diantaranya 10 tahun sekali mencatat indonesia, mari sisihkan waktu untuk mengisi, Pastikan anda tercatat, dan Sambut petugas sensus penduduk yang datang” pungkas sekda
Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah kepada pemenang vlog BPS oleh sekda dengan didampingi oleh kepala BPS Blora. (Tim)

Komentar