" AMBYAR " Ketika Dandim Blora Seduh Jamu Tradisional


BLORAPerkasanews.ID - Sontak suasana menjadi " AMBYAR " ( tidak terkonsentrasi ) ketika Dandim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi,SE menyeduh jamu tradisional. Saat itu rombongan Dandim yang didampingi Kasdim, Mayor Inf Budi Leksono bersama Perwira jajaran Kodim 0721/Blora sedang meninjau lapangan sepak bola desa Sidomulyo dan rencana selanjutnya menuju lokasi TMMD Sengkuyung tahap 1 tahun 2020 di Dukuh Kedungkenongo Desa Sidomulyo Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Kamis (27/02/2020).
Tiba - tiba seorang pengendara sepeda motor dengan membawa rombong menghampiri rombongan Dandim beserta Perwira jajarannya yang sedang meninjau lapangan guna persiapan upacara pembukaan TMMD Sengkuyung Tahap 1 tahun 2020 di Desa Sidomulyo.
" Jamu - jamu Pak, jamu pegel linu, jamu sehat, lengkap pak," ucapnya.
Perempuan setengah baya tersebut dengan percaya diri menawarkan dagangannya, yang ternyata ia menjual jamu seduh tradisional.
Kasdim 0721/Blora yang akrab disapa Buleks langsung menghampiri, " ada jamu pegel melarat tidak, ucap Kasdim seraya bercanda.
Lalu Kasdim dan beberapa orang dari rombongan tersebut dibuatkan jamu sesuai selera masing- masing termasuk Dandim yang saat itu memilih jamu seduh khas dari Blora yakni jamu daun Kelor.
Dandim mengatakan bahwa ia sejak kecil memang suka minum jamu tradisional, disamping ramuan atau racikan dari bahan - bahan alami, jamu tradisional juga bagus untuk kesehatan.
" Bagus untuk kekebalan tubuh kita, sehat dan alami, " kata Letkol Ali.
Masriah (50) penjual jamu yang belakangan diketahui namanya merasa bangga karena jamu yang ia buat diminum oleh pejabat nomer satu dilingkungan TNI di wilayah Kabupaten Blora.
" Baru kali ini selama bertahun - tahun jualan jamu, tidak menyangka ada pejabat yang berkenan menyeduh jamu buatan saya, sungguh diluar dugaan," ujar Masriah dengan gembira.
Jamu merupakan minuman sehat tradisional yang turun temurun sejak dahulu yang diracik/diramu dari bahan  rempah - rempah sehingga banyak digemari baik kaum perempuan ataupun laki - laki baik dari kalangan muda ataupun tua. (Tim)

Komentar