Kendalikan Hama Tikus, Babinsa Bersama PPL dan Petani Pasang Perangkap


BLORAPerkasanews.ID –  Bati Tuud Koramil 05/Cepu  Kodim 0721/ Blora Peltu Budi.H beserta sejumlah Babinsa mendampingi dan membantu kelompok tani dalam pengendalian hama tikus di areal persawahan Lingkungan desa Kentong, Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Kamis (30/01/2020).
Pemberantasan hama tikus di arela pertanian yang ditanami padi beragam varietas berumur 45 hari hingga tujuh minggu ini, dilakukan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kecamatan Cepu, PPL dan Gapoktan  desa kentong, secara keseluruhan berjumlah 25 orang.
Menurut Peltu Budi, pemberantasan hama tikus tersebut menggunakan Petrocum semacam formula bubuk siap pakai untuk pengendalian tikus. Untuk penggunaannya setiap 100 gram Petrocum dicampur dengan 1 bumbu masak Royco dan umpan dimasukan dalam bambu dipasang di tengah tanaman dan ponggir - pinggir sawah.
Dijelaskan Peltu Budi, selain itu, pada kegiatan tersebut juga disiapkan 30 potong bambu  dengan panjang kurang lebih 60–70 centimeter yang didalamnya berisi campuran umpan yang udah di campur petrocum, berfungsi sebagai perangkap tikus.
Sejak tanaman padi berumur dua minggu setelah tanam para petani sudah memasang perangkap, baik perangkap untuk kepiting sawah (yuyu) maupun tikus”, imbuhnya.
Ditegaskannya, kegiatan pengendalian dan pemberantasan hama tikus ini bertujuan untuk menyelamatkan areal pertanian di wilayah desa Kentong Kec. Cepu Kab. Blora dari serangan hewan tikus sehingga para petani tidak mengalami kerugian akibat gagal panen.
Turut serta dalam kegiatan tersebut, antara lain Staf Dinas Koordinator PPL Kacamatan Cepu Bapak Maskuri, Bapak Biran dari BPP  Kec. Cepu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Kentong  beserta enam, Ketua Gapoktan Kec. Cepu Suhartono dan Anggota Poktan Krido Tani desa Kentong. (Tim)

Komentar