Upsus Ketahanan Pangan Babinsa Dampingi Petani Pengolahan Lahan


Blora, Perkasanews.ID - Menjelang persiapan masa tanam, Babinsa Desa Tutup Koramil 0721/04 Tunjungan Pelda Musaroni melaksanakan pendampingan pengolahan lahan Poktan Ngudi Makmur di dukuh Ngetrep Desa Tutup Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora, Sabtu (9/11).

Kegiatan pengolahan sawah milik Raji, seluas 0,5 hektar yang akan ditanami padi, dilakukan dengan menggunakan satu unit traktor tangan TR2.

Pelda Musaroni, saat di lokasi mengungkapkan, pengolahan lahan sawah melalui pembajakan dengan menggunakan traktor R2 ini bertujuan untuk memperbaiki sifat fisik tanah.  Melalui pembajakan ini, kondisi permukaan tanah yang semula keras akan menjadi gembur dan melumpur, sehingga saat ditanami, akar padi dapat tumbuh dan berkembang leluasa, tutur Babinsa.

Sementara, pemilik lahan, Raji Poktan Ngudi Makmur Dukuh Ngetrep Desa Tutup mengatakan, sangat terbantu dengan hadirnya Babinsa di lapangan.  Selain pendampingan langsung ke sawah, Babinsa juga sering menghimbau para petani di desanya untuk mempercepat tanam, mempersiapkan benih padi yang akan ditanam dan mengolah lahan sawah secara tepat sesuai petunjuk PPL setempat.

Terpisah, Danramil 04/Tunjungan Kapten Inf Heri Waluyo Kembali menuturkan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan para Babinsa, dalam rangka persiapan tanam dan memberikan contoh kepada para petani agar persiapan tanam dapat dilakukan dengan baik dan cepat guna mendukung program ketahanan pangan.

"Hal ini dilakukan untuk memotivasi para petani dalam pengolahan lahan menghadapi musim tanam mendatang  guna penguatan kapasitas produksi pangan menuju pencapaian swasembada pangan", pungkasnya. (Tim)

Komentar