Upsus, Babinsa Dampingi Petani Penyiangan Tanaman Padi di Desa Wadu


BLORAPerkasanews.ID - Koramil 08/Kedungtuban Kodim 0721/Blora melalui Babinsa Serka Setu melaksanakan pendampingan ketahanan pangan di sawah milik Bapak Hariyadi anggota Poktan Bumi Rahayu, Desa Wadu Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora.

Di area pertanian seluas 0,5 hektar ini, kegiatan pendampingan dengan sasaran penyiangan rumput atau gulma yang tumbuh di pangkal dan sela-sela tanaman padi.

Seperti kita ketahui bersama gulma atau rumput liar di sekitar tanaman padi jika dibiarkan tumbuh akan mengganggu tanaman padi. Akibatnya tanaman padi menjadi kurang subur, bahkan akan menutup pertumbuhan tanaman sehingga menjadikan tanaman kurang sehat.

“Salah satu tujuan dilakukannya penyiangan pada tanaman padi agar tidak ada gulma sehingga tanaman padi tidak mempunyai saingan dalam mengambil unsur hara. di samping itu, supaya sinar matahari dapat ditangkap langsung oleh tanaman padi di bagian bawah. Dengan demikian sinar matahari akan maksimal diserap oleh tanaman, “ terang Serka Setu.

Masih tutur Babinsa, pendampingan yang dilakukannya merupakan upaya khusus ketahanan pangan sekaligus memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam merawat tanaman padi sehingga diharapkan hasil panen lebih meningkat.

Terpisah, Danramil 08/Kedungtuban Kapten Inf Jumanto, mengatakan, pihaknya telah menerjunkan para Babinsa untuk melaksanakan pendampingan kepada petani dan Poktan yang ada di wilayah binaan masing-masing.

“Hal ini dilakukan sebagai bentuk dukungan dalam percepatan pencapaian swasembada pangan sesuai yang diprogramkan pemerintah. Kehadiran para Babinsa harus menjadi motivator bagi para petani dalam mengelola lahan pertanian sehingga swasembada pangan di wilayah Bener dapat terwujud,” tegasnya. (Tim)

Komentar