Sukseskan Ketahanan Pangan, Babinsa Singonegoro Dampingi Petani Rawat Tanaman Jagung


BLORAPerkasanews.ID - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Jiken kodim 0721/Blora Serda Joko Masumambang melaksanakan Upsus (upaya khusus) pendampingan petani dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan di Desa Singonegoro, Kecamatan Jiken, Kababupaten Blora, Kamis (28/11)
Dalam pendampingan tersebut Babinsa membantu petani mencangkuli rumput yang tumbuh disekitar tanaman jagung Jenis NK 212 dengan Luas tanam 0,3 Ha. bersama-sama dengan pemilik lahan Lastri Poktan Mekar Sari Desa Singonegoro.
Serda Joko Masumambang mengatakan, perawatan ini dilaksanakan dengan rutin agar hasil panen sesuai yang diharapkan. “Tanaman penggangu yang tumbuh diantara tanaman utama akan berpengaruh besar terhadap pertumbuhan tanaman utama, karena bersaing dalam penyerapan asupan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh yang mengakibatkan tidak optimalnya produksi,” ujarnya.
Lastri Poktan Mekar Sari pemilik lahan mengatakan, “Merasa senang dengan kehadiran Babinsa yang memberikan arahan bagaimana cara perawatan jagung dan pupuk apa yang harus digunakan agar hasil panen dapat maksimal,” tuturnya.
“Perawatan wajib dilakukan terutama pembersihan rumput liar atau gulma, penyiangan sebaiknya dilakukan sejak jagung sudah mulai tumbuh dan begitu juga dengan pembasmian hama,” pungkasnya. (Tim)

Komentar