Wujudkan Ketahanan Pangan, Babinsa Dampingi Petani Jagung


Perkasa News.ID, BLORA – Upaya khusus ketahanan pangan dalam rangka mensukseskan program swasembada pangan tidak hanya terbatas pada komoditas padi, melainkan juga pada komoditas jagung dan kedelai.  Tiga komoditas pangan strategis ini dikenal dengan sebutan Pajale (Padi, Jagung dan Kedelai).
Untuk mencapai hasil optimal, pada setiap tanaman pangan dibutuhkan beberapa faktor, diantaranya tanah yang subur, pengolahan lahan yang baik, benih yang unggul, ketersediaan air yang cukup, perawatan tanaman dan pemupukan yang berimbang, tepat dosis dan jenis.
Mengingat perawatan dan pemupukan tanaman merupakan salah satu hal penting dalam mencapai keberhasilan peningkatan produktivitas tanaman jagung maka Babinsa Gempolrejo Koramil 04/Tunjungan Kodim 0721/Blora Koptu Lusten turun langsung melaksanakan pengecekan tanaman jagung dari hama ulat dan pemupukan milik Badrun Pok Tani Salimna jenis jagung Hibrida dengan luas tanah 0,5 ha di Desa Gempolrejo Kecamatan Tunjungan, Minggu (29/9/2019).
“Pemupukan tanaman jagung yang mendekati panen menggunakan jenis pupuk phonska dan urea yang dosisnya disesuaikan dengan yang dianjurkan PPL setempat,”ujarnya.
Terpisah Danramil 0721/04 Tunjungan Kapten Inf Heri Waluyo, pendampingan yang dilakukan Babinsa terhadap petani dalam pemupukan tanaman jagung bertujuan untuk membantu sekaligus memotivasi petani di wilayah binaan dalam meningkatkan produktivitas jagung.
“Dengan adanya perawatan dan pemupukan yang berimbang ini diharapkan dapat meningkatkan produktivitas saat panen tiba, yang dengan sendirinya akan menambah penghasilan para petani,” harap Danramil. (pw)

Komentar