Anggota Koramil 12/Ngawen Hadiri Sedekah Bumi Desa Jetakwanger


Perkasa News.ID, BLORA - Upacara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat jawa berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam. Upacara ini biasanya ditandai dengan acara selamatan Desa yang diadakan di Punden Dukuh Pandan Ds. Jetakwanger atau tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat seperti halnya tempat Sumber air. Jum'at (30/08/19)

Hadir dalam kegiatan Bati Tuud Koramil 12/Ngawen Peltu Suhartono bersama Babinsa Desa Jetakwanger serda Suyadi, Kades Jetakwanger Suyono bersama perangkat desa Jetakwanger, Toga, Tomas, Toda dan masyarakat hadir lebih kurang 200 Orang.

Bagi warga Desa Jetakwanger Upacara ini sudah berlangsung turun temurun dari nenek moyang kita, Desa Jetakwanger Kecamatan Ngawen adalah suatu pedesaan yang banyak lahan persawahan, perkebunan dan sumber air yang melimpah. Gemah ripah loh jinawi toto tentrem kerto raharjo.

Dalam sambutannya Bati Tuud Koramil 12/Ngawen Peltu Suhartono menyampaikan ” Tradisi sedekah bumi ini merupakan salah satu bentuk ritual tradisional masyarakat umumnya pulau jawa yang sudah berlangsung secara turun temurun dari nenek moyang orang jawa jaman dahulu. Ritual sedekah bumi ini biasanya dilakukan oleh mereka pada masyarakat jawa yang berpotensi sebagai petani, berkebun yang menggantungkan hidup keluarga dan sanak saudara atau sanak keluarga mereka dari mengais rezeki dari memanfaatkan kekayaan alam yang ada di bumi” ucapnya.

Kades Jetakwanger menyampaikan “Selain acara sedekah bumi, sesuai waktu dan rencana di Desa Jetakwanger digelarnya kesenian Tari Tayub yang di mulai pada pukul 14.00 wib s.d 17.00 wib di Punden Desa dilanjutkan sampai malam hari bertempat di rumah Kades Jetakwanger, rencananya besok hari ada acara Orkes Dangdut, kesemuanya adalah wujud nyata untuk mengucapkan rasa Syukur Kepada sang Pencipta atas semua kesejahteraan, keberkahan dan rezeki yang melimpah telah diberikan kepada warga Desa Jetakwanger ini” ungkapnya.

“Bagi masyarakat Desa Jetakwanger khususnya para kaum petani dan berkebun, ritual sedekah bumi ini turun temurun tiap tahunnya dan bukan hanya sebagai kegiatan rutinitas Tapi tradisi sedekah bumi mempunyai makna yang lebih dari itu, upacara tradisional sedekah bumi itu sudah menjadi salah satu bagian yang sudah menyatu dengan masyarakat yang tidak akan mampu untuk dipisahkan dari budaya jawa yang menyiratkan simbol penjagaan terhadap kelestarian yang khas bagi masyarakat Desa Jetakwanger ini” pungkasnya. (pw)

Komentar