Latihan Gladi Posko I Kodim Blora Untuk Antisipasi Bencana Banjir



Perkasa News.Id, Blora - Kodim 0721/Blora menggelar latihan gladi posko dengan tema Kodim 0721/Blora Melaksanakan Tugas Bantuan Kepada Pemerintah Daerah Dalam Rangka Menanggulangi Terjadinya Bencana Alam Banjir Di Wilayah Kabupaten Blora di kantor Makodim 0721/Blora, Jumat (28/6/2019).

Kegiatan ini digelar selama 3 hari, tanggal 26 – 28 Juni 2019, sebagai upaya untuk menyiapkan kekuatan TNI dalam sebuah proses penanganan bencana alam khususnya banjir.

Komandan Kodim 0721/Blora, Letkol Inf Ali Mahmudi, SE., selaku pelaksana gladi posko memaparkan langkah terkait penanggulangan bencana banjir menuturkan “Gladi posko pada intinya melatih dalam penanggulangan bencana apapun, termasuk banjir. Kita sinkronasikan seluruh unsur yang ada baik itu personel maupun peralatan untuk menanggulangi bencana banjir,” katanya.

 
Lanjut Dandim, dalam penanggulangan bencana ada beberapa tahapan di antaranya sebelum terjadi bencana, melaksanakan sosialisasi, seperti Babinsa memberikan imbauan kepada masyarakat terkait dengan banjir.

Gladi Posko merupakan metode latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan memelihara dan meningkatkan prosedur hubungan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi bantuan menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian dan pemberian bantuan kemanusiaan.

“Pada intinya tujuannya adalah untuk membuat satuan lebih siap dan bisa menganalisa dan mencarikan jalan terbaik untuk mengatasi suatu permasalahan di wilayah Kabupaten Blora,”pungkasnya. (pw)

Komentar