Kasrem 073/MKT Resmi Buka Gladi Posko Kodim Blora

Perkasa News.Id, Blora - Kepala Staf Korem (Kasrem) 073/Makutarama Letkol Inf Heri Santoso mewakili Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Moch. Erwansjah, S.Sos., membuka Latihan Posko I Kodim 0721/Blora 2019, yang digelar di Makodim 0721/Blora, Rabu (26/06/2019)

Latihan yang diselenggarakan Korem 073/Makutarama selama tiga hari (26-28 Juni 2019) ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf Kodim 0721/Blora untuk merencanakan dan menyiapkan menghadapi operasi militer selain perang (OMSP), guna membantu pemerintah daerah dalam penanggulangan menghadapi bencana alam.

Menurut Kasrem, Merujuk pada UU RI Nomor 24 tahun 2007 Pasal 6 menegaskan tanggung jawab pemerintah dalam mengatasi bencana diantaranya Pengurangan resiko bencana, perlindungan masyarakat, menjamin hak dasar, pemulihan kondisi, pengalokasian anggaran dan pemeliharaan arsip kesemuanya harus terpenuhi.

“Aplikatifnya pentahapan penyelenggaraan penanggulangan bencana, mulai kesiapsiagaan, peringatan dini dan proses mitigasi bencana harus dapat menjawab tanggung jawab pemerintah sesuai dengan amanah konstitusi kita dan menjadi tanggung jawab kita bersama”, Ungkapnya.


Dikatakan pula, TNI AD melalui plat formnya, telah dijabarkan melalui Program Latihan Posko 1 mencakup hal-hal kerjasama, koordinasi dan kolaborasi keterpaduan keduanya dalam sebuah proses pengambilan keputusan, teknik, olah yudha dan pengintergrasian semua kemampuan satuan yang dimiliki. Selain itu juga menyangkut prosedur dan tata cara kerja yang berlaku dalam suatu Posko serta Komando Pengendali Operasi guna membantu tugas pemerintah di daerah menghadapi permasalahan khususnya penanggulangan bencana alam di wilayah.

Kegiatan latihan diawali dengan taklimat awal Kasrem untuk memberikan Petunjuk awal kepada pejabat Dandim yang dilatihkan sebagai pengantar agar latihan lebih mendekati situasi sebenarnya dan lebih realistis sehingga tujuan dari pelaksanaan kegiatan latihan posko ini dapat tercapai. Disamping itu, sebagai langkah dan wujud menyiapkan pejabat Dandim diwilayah seandainya ditunjuk oleh Kepala Daerah sebagai Insider Commander.

Pembukaan gladi posko ini, dihadiri para Pejabat di jajaran Korem 073/Mkt, Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, S.E., Kasdim Blora Mayor Kav Hyasintus Waleng, P.ST., Danyon 410/Alugoro Letkol Inf Irvan C. Tarigan, Perwira staf dan anggota Kodim 0721/Blora, serta para Danramil jajaran Kodim 0721/Blora.

Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan berbagai stakeholder, seperti BPBD Kabupaten Blora, dan instansi terkait lainnya.

“Terima kasih kepada seluruh Instansi yang telah membantu dan mendukung kegiatan latihan ini dan harapannya semoga koordinasi, kerjasama dan kolaborasi keduanya dapat mewujudkan sinergitas seluruh Instansi terkait yang berada diwilayah serta kegiatan latihan ini dapat dijadikan bekal dan ilmu yang bermanfaat dalam pengabdian kepada bangsa dan negara,” pungkas Kasrem 073/Makutarama. (pw)

Komentar