Babinsa Dampingi Petani Penyiangan Rumput Pada Tanaman Padi



Perkasa News, Blora - Babinsa Jatiklampok Serma Heppy membantu petani menyiangi rumput (Matun)  tanaman padi berjenis Ciherang  di sawah milik Sutikno Poktan Tani Jaya dengang luas lahan 0,5 Desa Jatiklampok Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora, Jumat (31/05/19).

Dengan tidak ada rasa ragu Babinsa serta petani mencabuti rumput secara tradisional yaitu dengan menggunakan tangan agar tidak merusak tanaman padi, sehingga tanaman bisa tumbuh normal.

Menurut Serma Heppy  Gulma ataupun rumput liar menjadi salah satu kendala bagi para petani padi dalam memperoleh hasil panen yang maksimal.  Keberadaan gulma yang sangat mengganggu tanaman padi pada masa pertumbuhan hingga masa pematangan harus dibasmi melalui penyiangan ataupun penyemprotan dengan herbisida tertentu, karena bila dibiarkan akan mengakibatkan tanaman padi kekurangan unsur hara, air dan cahaya yang berdampak pada menurunnya produksi hasil panen.

“Rumput di sekeliling tanaman padi jika dibiarkan akan mengganggu kesuburan padi bahkan lama kelamaan rumput akan menutupi tanaman padi pada yang akhirnya akan membuat padi menjadi kurang sehat dan bahkan bisa mati. Untuk itulah diperlukan proses penyiangan rumput agar tanaman padi bisa tumbuh subur,” kata Heppy.

Serma Heppy  juga mengatakan bahwa kegiatan pendampingan yang dilakukan ini merupakan tugas tambahan selaku Bintara Pembina Desa (Babinsa) disamping tugas pokok yang diembannya.

“Ini bagian dari upaya khusus (Upsus) ketahanan pangan, selain itu kehadirannya juga guna memotivasi petani agar lebih bersemangat dalam merawat dan mengelola tanaman padinya hingga masa panen tiba hasilnya lebih optimal,” ungkapnya.

Harapan dengan dilakukannya pendampingan penyiangan tanaman padi petani akan tumbuh subur dan sehat sehingga pada saat panen nanti tidak mengecewakan. (pw)

Komentar