Bersama Masyarakat Babinsa Dan Bhabinkamtibmas Bersihkan Sungai, Ternyata Ini Penyebabnya

BLORA –  Bersama warga desa Turirejo dan Sumurboto, Babinsa Koramil 02/Jepon Serda Sutrisno dan Bhabinkamtibmas  melaksanakan gotong-royong kerja bakti pembersihan di aliran sungai, Senin (9/1/23).

Kegiatan kerja bakti tersebut dilaksanakan di sungai perbatasan Desa Sumurboto dan Desa Turirejo dengan melaksanakan pembersihan rumpun bambu yang roboh menutup aliran sungai.

Tumbangnya rumpun bambu ini disebabkan karena tanah yang terkikis oleh air sungai yang disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi akhir-akhir ini, sehingga sekumpulan rumpun pohon bambu tumbang menutup aliran sungai, kalau tidak segera dibersihkan akan menyebabkan banjir dan meluap ke pemukiman warga.

Serda Sutrisno mengungkapkan, dengan adanya pembersihan rumpun bambu yang longsor serta menghambat aliran air sungai Wiroko, maka dilaksanakan kerja bakti anggota Koramil Jepon bersama relawan dan warga, dengan harapan air bisa mengalir dengan normal dan tidak menyebabkan penyumbatan sungai, yang bisa mengakibatkan banjir serta air meluap ke pemukiman.

“ Sekarang masih musim hujan, kami khawatir bila tidak segera dibersihkan air dapat terhambat dan meluap masuk ke pemukiman warga ”, ujarnya.

Babinsa menambahkan, kerja bakti bersama ini wujud kemanunggalan TNI dengan rakyat, yaitu membantu masyarakat dengan bergotong royong dan dengan kerja bakti akan terasa ringan bila dikerjakan bersama-sama, sedangkan rumpun bambu yang tumbang ke aliran sungai segera dibersihkan dan batang bambu kami gunakan untuk penahan tanah.

“ Satu persatu pohon bambu yang tumbang kami potong, kemudian kami gunakan untuk penahan tanah supaya tidak terkikis”, tutupnya.

Komentar