Gandeng Dinas Pertanian, TMMD Sengkuyung Tahap II Kodim Blora Gelar Penyuluhan Pertanian


BLORA - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II Kodim 0721/Blora, difokuskan pada kegiatan fisik dan sasaran non fisik.

Sasaran fisik diantaranya pembangunan jalan makadam 795 meter, pembuatan talud 300 meter, sedangkan sasaran non fisik diantaranya berbagai kegiatan penyuluhan. Salah satunya melaksanakan Penyuluhan Pertanian yang bekerja sama dengan Dinas Pertanian Kabupaten Blora. Kamis, (04/8/2022).

"Penyuluhan pertanian berlangsung di Balai Desa Sempu. Tujuannya, untuk memberikan pengetahuan tentang pertanian cara mengatasi hama cabai kepada warga setempat khususnya warga dukuh Guplo Kulon," kata Pasiter 0721/Blora Kapten Cpl Sumanto 

Selaku Narasumber dari Dinas Pangan, Pertanian, Peternakan, dan Perikanan (DP4) Kabupaten Blora, Ragil Hendro Tantomo menyampaikan materi yang disampaikannya adalah cara mengatasi hama cabai. Baik itu dari proses penanaman, perawatan tanaman, cara pemupukan dan cara mengatasi hama cabai. Sehingga masyarakat dapat pengetahuan bagaimana mengolah tanaman dengan baik.

"Saya memberikan materi mengenai cara penanaman, perawatan, pengolahan pupuk dan cara mengatasi hama cabai. Kalau warga memahaminya, akan sangat membantu meningkatkan produksi pertanian. Itulah harapan kami. Warga bisa mengembangkan sendiri secara mandiri," jelasnya.

Ia mengaku senang masyarakat setempat sangat antusias mengikuti kegiatan penyuluhan pertanian. "Antusiasme dan semangat warga untuk mengikuti penyuluhan pertanian sungguh luar biasa. Saya senang dan bangga sekali memberikan materi ini. Semoga masyarakat bisa menerima dengan baik," ungkapnya

Selain itu, Ragil Hendro Tantomo mengatakan Kegiatan ini penting sekali bagi warga. Tentunya untuk menambah pengetahuan dalam mengembangkan pertanian. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

Komentar