Babinsa Koramil 04/Tunjungan dan Babinkamtibmas bersinergi Beri Pelatihan PBB kepada Linmas


Perkasanews.IDBlora - Di tengah semakin komplek serta beragamnya persoalan yang ada di tengah masyarakat pedesaan, khususnya masalah gangguan keamanan dan ketertiban, peran dan fungsi Satuan Linmas Desa menjadi begitu penting. Linmas memiliki peranan yang strategis dalam menjaga keamanan dan ketertiban di desa.

Oleh karena itu untuk melaksanakan tugas dan fungsi sebagai anggota Linmas, diperlukan pembinaan ataupun pelatihan setiap anggota Linmas Desa agar Linmas punya bekal diri dan strategi yang mumpuni dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Merespon persoalan tersebut, Sertu Sutikno Babinsa Koramil 04/Tunjungan bersama Bhabinkamtibmas Polsek Tunjungan memberikan pelatihan untuk mengoptimalkan peran serta Linmas dalam keamanan lingkungan.

Kegiatan dilaksanakan di halaman Kantor Balai Desa Sukorejo, Kecamatan Tunjungan, Kab. Blora, Kamis (13/01/2022). Peserta pembinaan adalah para anggota Satuan Linmas desa Sukorejo.

Sertu Sutikno mengatakan, pembinaan ini bertujuan guna memaksimalkan peran Linmas dan memberikan pemahaman akan tugas-tugas yang diemban para Linmas dalam menjaga keamanan di lingkungannya.

Harapannya anggota Linmas selalu waspada terhadap situasi lingkungan dimana mereka bertugas sekaligus tetap bersemangat, dan menjaga solidaritas, dan bangga dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Linmas.

“Pembinaan Linmas merupakan salah satu kegiatan pembinaan perlawanan wilayah (Binwanwil) dimana Babinsa memiliki tugas menjalin kemitraan dengan para anggota Linmas sebagai upaya mata dan telinga terhadap segala perkembangan yang terjadi di wilayah binaannya,” jelas Sertu Sutikno.

Pada kegiatan tersebut Sertu Sutikno dan Bhabinkamtibmas, selain memberikan pengetahuan wawasan kebangsaan dan Bela Negara, juga diajarkan metode praktek langsung berupa gerakan Peraturan Baris Berbaris ( PBB) terdiri dari lencang kanan, hadap kanan/kiri, balik kanan, penghormatan dan sikap istirahat serta gerakan berjalan atau berpindah tempat. (Pw)

Komentar