Babinsa Bersama Bhabinkamtibmas Pantau Vaksinasi Covid-19 di Wilayah Binaannya


Perkasanews.IDBlora - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 15 Japah Peltu Rabun melaksanakan pemantauan dan pendataan vaksinasi baik tahap l maupun tahap ll, di Desa Tengger Kecamatan Japah Kabupaten Blora, Minggu (07/11/2021).

Selama kegiatan berlangsung Babinsa Peltu Rabun melaksanakan pemantauan serta memberi edukasi terkait Protokol Kesehatan (Prokes) guna pencegahan penyebaran COVID-19 dalam rangka PPKM level 3.

“Selain memantau kegiatan, saya juga mengimbau dan memberikan edukasi kepada warga," ujarnya.

Kegiatan vaksinasi ini berjalan lancar dengan pemantauan tim profesional, seperti halnya Tenaga Kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Japah dan bidan Desa, tentunya menggunakan Prokes yang ketat.

Peserta Vaksinasi wajib pakai masker cek suhu tubuh, mencuci tangan dan disediakan tempat berjarak.

Sementara itu Tim Vaksinasi dari Puskesmas menjelaskan bahwa, vaksinasi COVID-19 yang saat ini tengah berjalan di desa Tengger menggunakan vaksin Astrazeneca disuntikkan dosis satu bagi yang baru di vaksin dan dosis dua warga yang sudah suntik dosis satu agar efektif.

“Untuk pemberian vaksinasi sendiri harus sesuai dengan yang direkomendasikan untuk setiap jenis vaksin COVID-19. Berdasarkan juknis, vaksin Sinovac diberikan dua kali, dalam rentan jarak waktu penyuntikan 12 minggu dan dosis sekali suntik sebesar 0,5 ml,” jelasnya.

Lebih lanjut tim vaksin menjelaskan. jika dosis pertama berfungsi untuk mengenal vaksin dan kandungan yang ada di dalamnya kepada sistem kekebalan tubuh serta untuk memicu respons kekebalan awal dan pada tahapan dosis kedua, kandungan vaksin akan berguna untuk menguatkan respons imun yang telah terbentuk sebelumnya.

Kegiatan tersebut merupakan wujud sinergitas antara TNI-Polri dan instansi terkait dalam rangka mengatasi pandemi virus COVID-19 secara bersama sama dalam rangka menekan angka Penyebaran virus COVID-19, khususnya wilayah Kabupaten Blora. (Pen15)

Komentar