BUPATI TEGASKAN SEMUANYA HARUS SIAP SIAGA HADAPI POTENSI BENCANA

Perkasanews.IDBLORA - Memasuki musim hujan, Pemerintah Kabupaten Blora melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada Selasa sore (26/10/2021) melaksanakan Apel Siaga dan Gelar Peralatan Penanggulangan Bencana di Alun-alun Blora.

Apel dipimpin langsung oleh Bupati H. Arief Rohman, S.IP., M.Si, dihadiri jajaran Forkopimda. Dengan peserta dari unsur BPBD, TNI Polri, Satpol PP, PMI, Banser, Kokam, Tagana, Dinas Sosial PPPA, dan relawan lainnya.

Tidak hanya pasukan yang diapelkan, seluruh peralatan penanganan bencana dan kendaraan operasional penanganan kebencanaan juga disiapkan untuk memastikan kondisinya baik guna menunjang pekerjaan penanganan bencana.

Bupati Arief dalam arahannya saat memimpin apel, menekankan bahwa seluruh petugas yang memiliki tugas penanganan kebencanaan, kemanusiaan, dan sosial semuanya harus siap siaga kapanpun dan dimanapun siap memberikan pelayanan terbaik.

“Terimakasih kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penanganan potensi bencana di Kabupaten Blora, apalagi ini sudah sering hujan. Kami minta semuanya kompak, sigap, cepat dan cermat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang tertimpa musibah. Tingkatkan mitigasi kebencanaan, buka layanan hotline 24 jam, dan jangan lupa berdoa semoga Blora aman dari segala macam potensi bencana,” tegas Bupati.


Menurut Bupati, saat ini Blora punya beberapa potensi bencana yang perlu untuk dipetakan. Seperti angin puting beliung, tanah longsor, dan banjir.

“Oleh karena itu semuanya harus siap, berikan edukasi kepada masyarakat yang tinggal di wilayah rentan bencana tadi agar bisa meminimalisir potensi kerugian,” tambah Bupati.

Sementara itu, Kapolres Blora, AKBP Wiraga Dimas Tama, S.I.K., didampingi Dandim 0721/Blora, Letkol Inf. Andy Soelistyono KP, S.Sos., M.Tr (Han) menyatakan kesiapannya untuk sinergi membantu Pemkab dalam penanganan potensi bencana.

“Kami dari unsur TNI Polri siap membantu Pak Bupati dan jajarannya dalam pencegahan dan penanganan potensi bencana. Seperti halnya apel ini sangat penting untuk mengecek sejauh mana kesiapan petugas dalam menghadapi potensi bencana yang ada meskipun masih dalam kondisi pandemi,” ungkap Kapolres.

Usai apel, dilakukan peninjauan peralatan dan kendaraan operasional penanganan bencana oleh Bupati, Wakil Bupati, dan jajaran Forkopimda. 

Bupati juga meminta seluruh Camat dan Lurah/Kades bisa menjalin komunikasi yang baik dengan unsur TNI Polri, baik Kapolsek, Danramil, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas agar penanganan bencana bisa terorganisir dengan baik hingga tingkat desa. (*)

Komentar