Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Jepangrejo Hadiri Musdes


Perkasanews.IdBlora – Babinsa desa Jepangrejo anggota Koramil 01/ Blora Serka Maryana bersama Bhabinkamtibmas Polsek Blora Brigadir Danny Sukoco menghadiri acara Musyawarah Desa (MUSDES) APBDes perubahan th 2021 dan RKPDes th 2022 yang bertempat di balai desa Jepangrejo Kec /Kab. Blora. Sabtu (23/10/2021).

Dalam rangka mewujudkan pengelolaan dana desa yang transparan, akuntabel, partisipatif, tertib dan disiplin sesuai dengan peraturan maka pemerintah desa wajib menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPdes) yang merupakan penjabaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM desa)  sebagai dokumen perencanaan di desa. Setelah RKPDes disepakati untuk penganggarannya perlu adanya pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).


Musyawarah desa tersebut dihadiri oleh Camat Blora yang diwakili staf Seksi Pemerintahan Suiswari, Kades bpk Sugito, S.Pd, Ketua BPD, Babinsa, Bhabinkamtibmas, perangkat Desa, Ketua RT/ RW serta perwakilan tokoh masyarakat desa Jepangrejo.

Adapun kegiatan Musdes penetapan APBDes diawali dengan sambutan Kades, Sambutan dari unsur Forkopimcam, pendamping desa yang kemudian dilanjutkan dengan pengesahan/penetapan  APBDes 2022.

Dalam sambutan Kades menyampaikan,"paparan secara rinci dan transparan sesuai kebutuhan anggaran kegiatan desa yang dibagi menjadi 4 ( empat bidang ) diantaranya Bidang Pemerintahan, Bidang Pembangunan, Bidang pembinaan Masyarakat, Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Bidang Penanggulangan Bencana.

Dalam sambutanya Camat yang diwakili oleh bpk Suiswari mengatakan,"dalam bekerja supaya bersinergi dengan semua elemen masyarakat dan pihak TNI – Polri,  karena saat ini Polri telah ada kesepakatan dengan pemerintah pusat untuk ikut pengawasan terkait anggaran APBDes. Apabila dalam berjalannya waktu rencana anggaran APBDes ini ada perubahan maka koordinasikan dengan ketua BPD untuk diadakan pembetulan.

Danramil 01/Blora Kapten Inf Darmanto melalui Babinsa," mengajak seluruh masyarakat desa Jepangrejo untuk ikut mengawasi, dana desa yang pada akhirnya  diwujudkan untuk kesejahteraan masyarakat dan supaya sesuai dan tepat sasaran, dalam pelaksanaan pembangunan.

Lebih lanjut Bhabinkamtibmas menambahkan,"para peserta Musdes APBDes sangat antusias, yakin dan percaya terhadap semua unsur dan lembaga desa karena RAPBDes desa Plantungan pentahapannya dilaksanakan tertib dan transparan ungkap dari para peserta yang dengan penuh semangat mengikuti hingga akhir kegiatan,"tutupnya. (Pen01)

Komentar