Operasi Lilin Candi 2020 Berlangsung 21 Desember 2020 Hingga 4 Januari 2021


Perkasanews.ID, Blora - Dandim 0721/Blora Letkol Inf Ali Mahmudi, SE, MM, menghadiri Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Operasi Lilin Candi 2020 di halaman Mapolres Blora, Senin (21/12/2020).

Adapun tema yang diusung “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020, Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman Pada Perayaan Natal 2020 Dan Tahun Baru 2021 Di Tengah Pandemi Covid-19”

Kapolres Blora AKBP Ferry Irawan, S.I.K, M.Hum, memimpin pelaksanaan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020.

Dalam kesempatannya Kapolres membacakan amanat dari Kapolri Jendral Pol Idham Azis kepada seluruh peserta apel gelar Pasukan Operasi Lilin Candi 2020.

Disampaikannya, bahwa apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap personel pengamanan berikut kelengkapan sarana dan prasarana pendukungnya. Serta keterpaduan sinergitas unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif.

“Operasi Lilin Candi 2020 akan dilaksanakan selama 15 hari mulai hari ini tanggal 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021. Saya berharap dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” jelas AKBP Ferry Irawan.

Pengamanan ini tidak boleh dianggap sebagai agenda rutin tahunan biasa, sehingga menjadikan kita cenderung under estimatee dan kurang waspada terhadap setiap dinamika perkembangan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19 saat ini, kita harus lebih peduli. Jangan sampai kegiatan perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19.

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini, beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut :

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.

2.   Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang menyerahkan masyarakat.

3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal   2020 dan perayaan tahun baru 2021.

4.    Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.

5.    Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.

6.    Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.

7.  Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Apel gelar pasukan ini dihadiri oleh Bupati Blora H. Djoko Nugroho, Danyonif 410/Alugoro, Dandensubpom, Kepala BPBD Blora, Kepala Satpol PP Blora, Ketua DPRD Blora dengan seluruh jajaran Forkopimda.

Apel diawali dengan penyematan pita operasi  secara simbolis oleh Kapolres Blora kepada masing-masing perwakilan personil TNI, Polri dan Satpol PP. (pw)

Komentar