Wujudkan Swasembada Pangan, Babinsa Koramil 05/Cepu Dampingi Petani Padi Siangi Gulma




BLORA, Perkasanews.ID - Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 05/Cepu jajaran Kodim 0721/Blora memaksimalkan upaya khusus pendampingan ketahanan pangan di seluruh wilayah Koramilnya dengan menurunkan para Babinsanya langsung ke sawah.

Aktivitas pendampingan yang dilakukan para Babinsa secara serentak di desa binaan masing-masing ini, bertujuan untuk membantu petani mewujudkan swasembada pangan demi tercapainya ketahanan pangan secara nasional.

Kali ini upaya khusus pendampingan dilakukan Babinsa Koramil 05/Cepu Koptu Darminto yang mendampingi membersihkan gulma dan rumput liar di lahan milik Bapak Suwondo Poktan Tani Jaya yang terletak di Kel. Karangboyo Kecamatan Cepu Kabupaten Blora, Selasa (25/02).

Gulma merupakan tanaman pengganggu yang menjadi salah satu kendala utama yang dihadapi petani dalam memperoleh hasil panen yang maksimal. Hal tersebut disampaikan Babinsa Koptu Darminto di sela-sela kegiatan pendampingan.

Untuk itu, lanjut Babinsa, salah satu cara untuk mengendalikan gulma atau rumput liar melalui membasminya dengan memotong akar atau mencabut gulma itu sendiri. “Selain ini pengendalian gulma juga bisa dilakukan melalui penggunaan herbisida tertentu, apabila terbebas dari gulma, maka tanaman padi akan lebih leluasa menyerap unsur hara, air dan cahaya serta dapat tumbuh maksimal sehingga hasil panen lebih optimal,” pungkas Babinsa. (Tim)


Komentar