Pererat Sinergitas, Babinsa Dan Babinkamtibmas Desa Kedungrejo Dampingi Bidan Desa Sosialisasi Pada Pemicuan CTPS


BLORAPerkasanews.ID - Babinsa Desa Kedungrejo Koramil 04/Tunjungan Serma Mugiyono dan Bhabinkamtibmas Brigadir Joko Purwanto Polsek Tunjungan bersama Bidan Desa Kedungrejo, Shoni Marlina melaksanakan kegiatan Sosialisasi pemicuan Cuci tangan pakai sabun (CTPS) sebagai bagian dari PHBS (perilaku Hidup Bersih dan Sehat) & STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) dengan sasaran siswa siswi di SDN 1 dan SDN 2 Kedungrejo Kecamatan Tunjungan Kabupaten Blora pada, Selasa (26/11/2019).
CTPS adalah Perilaku cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air bersih yang mengalir. CTPS adalah cara yang sederhana, mudah, murah dan bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit,seperti Diare, Infeksi Saluran Napas Atas (ISPA), dan cacingan, infeksi kulit, infeksi mata, dan penyakit-penyakit lain yang ditularkan lewat tangan yang tidak bersih.

Hal tersebut merupakan salah satu pilar dalam STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) untuk mendidik perilaku yang dipraktekkan oleh peserta didik, guru dan masyarakat lingkungan sekolah atas dasar kesadaran sebagai hasil pembelajaran, sehingga secara mandiri mampu mencegah penyakit, meningkatkan kesehatannya, serta berperan aktif dalam mewujudkan lingkungan sehat.
Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Shoni Marlina sebagai Bidan Desa agar dipraktekkan langsung yakni :
1. Mencuci tangan dengan air yang mengalir dan menggunakan sabun
2. Mengkonsumsi jajanan sehat di kantin sekolah
3. Menggunakan jamban yang bersih dan sehat.
4. Memberantas jentik nyamuk
5. Tidak merokok di sekolah
6. Membuang sampah pada tempatnya
Shoni Marlina juga menyampaikan bahwa Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) merupakan pendekatan untuk merubah perilaku menjadi lebih bersih dan sehat melalui pemberdayaan masyarakat.
Sedangkan Babinsa Desa Kedungrejo, Serma Mugiyono mengajak kepada adek adek Siswa Siswi SDN Kedungrojo  untuk bersama - sama mempraktekkan cuci tangan pakai sabun guna merubah perilaku hidup bersih dan sehat, sehingga kuman hilang dan penyakit dapat kita cegah, " pungkas Mugiyono. (Tim)

Komentar