Babinsa Randulawang Dampingi Petani Pengolahan Lahan


BloraPerkasanews.ID - Di tengah kesibukan melaksanakan tugas pokok, bukanlah penghalang bagi Babinsa Koramil Jajaran Kodim 0721/Blora untuk melaksanakan aktivitas pendampingan ketahanan pangan di wilayah binaan.
Kali ini Koramil 0721/11 Jati, melalui Babinsa Serda Darwanto melakukan pendampingan pengolahan lahan sawah seluas 0,5 ha milik Sasmito, Poktan Berkah Tani, Dukuh Mungkung Desa Randulawang Kecamatan Jati Kabupaten Blora, Jumat (29/11/2019).
Pendampingan ketahanan pangan yang dilakukan Serda Darwanto dengan memantau langsung kegiatan petani saat membajak sawah dengan menggunakan hand tractor TR2 di lahan seluas 0,5 hektar yang rencananya akan ditanami Padi.   
Serda Darwanto menuturkan, pengolahan lahan dengan cara membajak menggunakan hand tractor akan menghemat tenaga dan dari sisi waktu lebih efektif.  Pembajakan lahan sawah ini dilakukan agar tanah menjadi lebih gembur dan melumpur serta gulma akan mati membusuk, yang pada akhirnya dapat menyuburkan sawah itu sendiri.   
Kegiatan pendampingan atau pemantauan dengan cara terjun langsung ke sawah yang dilakukan Babinsa dimaksudkan agar para petani termotivasi dan lebih semangat lagi dalam mengolah lahan untuk persiapan masa tanam padi berikutnya, tambahnya. (Tim)

Komentar